Senin, 28 November 2011

Mengenang masa SMP


     PR yang sudah lama dikasih yundahamasah ini belum sempat-sempat dikerjain sampe sekarang. Dan kemarin  umi fityan kembali mengingatkanku dengan memberi PR yang sama, jadi pengen malu nih... sama yang muda-muda dengan smangat nulisnya nan menggebu...
Ok deh, biar gak ngecewain keduanya dan moga-moga aja ada teman-teman blogger yang sudi membacanya (plus ksh koreksi..), walau ditengah rasa malas nulis yang sangat (kenapa ya ??), kucoba tuk mengenang masa SMP ku ...

      Aku menghabiskan masa SMP ku selama 3 tahun di SMPN 19 Palembang. Aku tidak terlalu ingat apakah waktu itu SMP-ku sudah sepavorit sekarang atau belum, yang jelas saat itu aku adalah angkatan ke-4 sejak SMPN 19 berdiri.
Nah,ini adalah 5 poin yang kukenang semasa SMP-ku...

    1.   Pertama kali mendaftar di SMP

Dengan kemandirian yang memang dipaksakan (krn tdk ada yg sempat nganterin), aku mendaftar sendiri ke SMPN 19 PLG. Awalnya dari rumah deg-degan juga, tapi setelah bertemu beberapa teman yang juga menuju ke arah yg sama dan mereka juga tidak diantar ortu, maka keberanianku pun muncul. Setelah menyelesaikan administrasi dan urusan ini-itu yang memakan waktu cukup lama akhirnya selesai juga, alhamdulillah aku resmi bersekolah di SMPN 19. Beda dengan yunda yang dapet di kelas-kelas awal, aku malahan dapet di kelas paling akhir, kelas 1-F, karena kelas 1 pada masaku dulu hanya menampung 6 kelas. Aku kurang tau alasan kenapa aku dapat di kelas paling bontot itu, apakah karena NEM-ku yang kecil atau memang diurutkan menurut abjad. Yang jelas aku selalu dapet di kelas F selama 3th di SMP itu (kelas 1F, 2F dan 3F). Dan, selalu dapet rangking-1 di kelas tiap tahunnya. Ah, sepertinya kecurigaanku terjawab, jangan-jangan pengelompokan kelas diawal tadi memang karena Nem-ku yang kecil kalee...hehehe..pantesan dong dapet juara kelas terus... ah, nelangsa banget sih..


2.   Like Vs dishlike = Matematika Vs Olah-Raga

    Hari-hari bersekolah di SMP kulalui dengan suasana yang hampir bisa dikatakan selalu menyenangkan, kecuali 1 hal sst... ternyata aku tidak suka dengan yang namanya pelajaran olahraga (nama gurunya gak perlu tau ya..off the record...   tar bapaknya marah lagi..). Seperti yang sudah kuceritakan di masa SD-ku, aku sangat ringkih dg penyakit typoid-ku, walaupun sudah sembuh ternyata masih suka berulang sekali-sekali, apalagi saat kondisiku capek fisik dan lelah berfikir, inilah yang menyebabkan aku tidak bisa berolahraga berat, sampe-sampe dokter harus mengeluarkan surat keterangan sakit agar guru olahraga-ku (penjaskes-sekarang) tidak terlalu memaksakan olahraga berat kepadaku. Karena biasanya penyakitku akan kambuh setelahnya. Tapi guru Olahraga-ku dengan tegas mengatakan bahwa tidak ada pengecualian dalam pelajarannya, dia tidak mau pilih kasih, dan menurutnya itu Cuma akal-akalanku agar tidak ikut pelajarannya. Akhirnya aku memang sering izin gak ikut pelajaran olahraga, walaupun gurunya sering marah-marah. Cuma satu cabang olahraga yang kusukai yaitu atletik, cabang Lari jarak jauh.. tau kenapa, karena aku terbiasa suka lari kalo ke sekolah (tergesa-gesa sih sebenarnya..supaya tidak telat huuh...). Memang jarak rumah ke sekolah tidak terlalu jauh, jadi bisa dilalui dengan jalan kaki. Dan hasilnya pasti bisa ditebak, nilai olah raga-ku hanya pas-pasan, lebih sering merah, pernah di kelas 2 SMP nilai olahraga-ku hanya 4 (empat) di raport. Sampe –sampe guru olahraga-ku menyatakan teorinya di depan kelasku sewaktu pelajarannya, bahwa anak yang tidak mahir (malas) berolahraga akan berbanding lurus dengan nilai pelajaran matematikanya, artinya dapat dipastikan kalo nilai olahraganya jeblok, maka nilai matematikanya juga jeblok..  Dan tiba-tiba saja dia menanyakan nilai matematika-ku di raport, aku yang kaget spontan menjawab “delapan, pak!!”, seketika beliau pun kaget dan segera mengatakan bahwa itu adalah hal yang bersifat kebetulan saja, heran juga beliau dengan kesalahan teorinya. Aku tetap berbesar hati  karena bagaimanapun aku memang suka pelajaran matematika saat itu ( jgn tanya sekarang ya...dah banyak lupanya), guru matematika idolaku adalah pak diponegoro (mirip nama pahlawan ya), pak dipp..begitu biasanya kami memanggilnya, orangnya tegas dan cerdas, lebih sering ngadain ulangan lisan ketimbang utul (ujian tulis). Dan yang bikin kami kebat-kebit adalah ulangan lisan itu sering diadakan secara dadakan (tiba-tiba)...
Selama kelas 1 dan 2 SMP,Kami dibimbing mp matematika oleh pak dipp, tapi di kelas 3 SMP digantikan oleh ibu Ernawati, bagiku keduanya sama-sama menyenangkan. Makanya kalo ditanya pelajaran yang menyenangkan waktu di SMP ya..matematika... tapi sekali lagi sewaktu SMP ya...


 3.   Getol berorganisasi?

OH, no beda dengan yundahamasah dan  umi fityan, aku tidak suka berorganisasi, tapi karena saat itu di SMP-ku semua siswa diharuskan ikut ekskul, maka aku memilih ikut PMI dan Pramuka, itupun hanya sebatas anggota. Terakhir-terakhir malahan sering gak ikut kegiatan,apalagi sudah di kelas 3 SMP, waktuku banyak dihabiskan utk mempersiapkan ujian,  padahal teman-teman yang sdh aktif sampe-sampe ikut jambore segala (utk Pramuka), tapi aku lebih suka berkumpul sama anak-anak yang tdk suka berorganisasi... kuper juga nih ternyata... 


  4.   Uang saku = tabungan

Di Masa SMPku dulu aku mulai dikasih uang saku, walaupun tidak sering, karena mengingat aku hanya berjalan kaki pergi dan pulang sekolah, otomatis tidak ada uang transport buatku, beda dengan kakakku yang sekolahnya jauh dan harus memakai angkot ke sekolah, jadi setiap hari dia dikasih uang transport, disamping uang saku. Tapi bagiku berapa pun uang saku yang diberikan kepadaku itu tidak jadi masalah, karena aku jarang jajan di sekolah, paling sekali-sekali kalo ada pelajaran olahraga atau ada les tambahan yang menyebabkan tidak sempat pulang. Aku juga terbiasa membawa bekal ke sekolah, jadi uang saku ku lebih banyak kutabung, bila suatu saat dibutuhkan misalnya: ada sumbangan mendadak di sekolah atau harus membeli keperluan2ku yang lain, aku tidak perlu lagi minta kepada ortu. Jadi uang sakuku lebih banyak kutabung waktu itu dibanding utk dibelanjakan. Kadang aku heran sendiri waktu SMP aku bisa berhemat sedemikian rupa tapi sekarang kog gak bisa ya...


 5.   Bacaan dan Film kesukaanku
Selain buku pelajaran sekolah, aku juga mulai suka baca novel, masih katagori novel anak2, tapi lebih banyak yang bergaya petualangan misalnya: novel2 enid blyton (lima sekawan, dsb) atau karya alfred H (trio detektif, dll) dan imung. Selain novel, di masa SMP ini, aku sering dibelikan kakakku majalah2 anak2 dan remaja seperti majalah HAI, ananda, dsb.  
Walaupun sudah remaja SMP, terus terang dulu aku masih suka nonton film-film kartun, malahan sampe SMA pun aku masih suka. Sebut saja deretan film-film TV seperti : candy-candy (komiknya jg kusuka), dora emon, tom&jerry, donald bebek (majalahnya pun msh suka kubaca. Sesekali kami (aku n kakak2ku) diajak nonton ke bioskop, seingatku waktu SMP dulu aku paling suka film “nakalnya anak-anak” yang ada Ryan Hidayat, salah satu pemeran utamanya. Ah, kalo diingat sepertinya aku childish banget ya...padahal kan  masa SMP itu sudah dikategorikan remaja gitu...

     Nah, itulah masa-masa SMP yang sempat kukenang, moga tidak mengecewakan yang ngasih PR (yundahamasah dan  umi fityan), syukur2 kalo mo kasih masukan n komennya ditunggu ya...

5 komentar:

  1. SMPN 19, aku tahu tempatnya Kak Rose ;)

    Samooo, idak suka pelajaran olahraga pas SMP. Bukan oleh malas pak guru, secara malu ambil nilai renang, bajunyo pendek nian, jadi galak ngilang dakuuu, syukurnyo olahraga dak masuk EBTANAS yo Kak Rose...

    Oya, sekalian ngundang untuk ikut acara Muharam kami, melooook yo ;) Apo nak jadi sponsor AZ Busananyo...

    BalasHapus
  2. eh sudah dikerjako ya kak, akgak ngasih tau jd kagak tau :)

    sama juga wak aku dak suka olah raga, kalo saja ada jalan kaki yang dijadikan bagian pelajaran olah raga maka aku milih jalan kaki saja :) malas sebenarnya bukan ga suka

    selamat sudah lulus dr SMP, sepertinya belom ada PR SMA , mungkin lg pada mikirin GA nya mba Keke yg rumit ^^piz ah mba Ke

    BalasHapus
  3. hehehe..kog bisa sama ya dak suka olahraga wkt SMP,moga aja skrg gak lagi...
    oya pengen banget ke' ikut GA Mhrm-nya, tapi nyari ide utk ekspresinya syusyah... banget. doa'in ya spy cepet dpt inspirasinya.
    umah fityan dah buat blom..?

    BalasHapus
  4. masih smp sdh rajin menabung ,,kliatan nih murid disiplin soal irit,, hehe

    BalasHapus
  5. al-kahfi : alhamdulillah ya, tapi irit tdk sama dengan pelit loh hehe

    BalasHapus