Selasa, 15 November 2011

Mengenang Masa SD



Wahh.. yundahamasah.  ngasih PR, sudah lama sih tapi baru sempat dilakoni skrg, maaf ya ke..
PRnya mengajak kembali ke jaman SD dulu,  dengan beberapa point yang ada di bawah ini nih....

Guru Favoritku
Siapa ya guru favoritku waktu di SD (SDN 59 Palembang)...hhm, sepertinya ada beberapa.Yang jelas bagiku Semua guru Sdku  sama saja, meletakkan dasar-dasar keilmuan yang dapat kugunakan sampai sekarang, membaca, menulis, berhitung, dsb, terima kasih ibu dan bpk guruku....
Sama seperti yunda di SD dulu, setiap kelasnya aku Cuma punya satu guru, kelas l dan ll, guruku ibu Zainunah yg tegas tapi lembut, aku tidak tau lagi keberadaannya sekarang, dan rasanya di kelas lll pun kami masih diajari ibu Zainunah,aku agak lupa sih soalnya dah lama skale..tapi dulu pelajarannya terasa sangat berbeda dengan anak-anak SD sekarang. Aku sering membandingkan zaman SD ku dulu dengan zaman anak-anakku sekarang, saat membimbing mereka belajar, tingkat kesulitannya jauh lebih tinggi.   
Di kelas lV SD, guruku ibu Nurlaila. Guru yang baik ini tidak terlalu banyak kekenal dan kukenang, walaupun beliau tentu saja tetap berjasa. Yah, ini disebabkan swaktu di kelas empat aku lebih banyak absen di sekolah, tahun-tahun di kelas IV  kulalui lebih banyak di RS dengan sakit typus akut yang menggerogotiku, kurang lebih hampir 4 bulan aku bolak-balik ke RS (opname), dan hasilnya bukan hanya badanku yang jadi kurus dan rambutku yang rontok tapi nilai-nilai raportku juga anjlok, alhamdulillah dapat nilai rata-rata 6,0.Dan alhamdulillah penyakitnya sembuh, tidak kambuh lagi sampai sekarang.
Ternyata setelah diingat-ingat lagi, guru favoritku banget ada di kelas V, ibu Suratmi, guru asal pulau jawa yang ikut suaminya bertugas di kantor Pos PLG  ini sangat care dan peduli dengan muridnya, berkat bimbingannya nilai-nilaiku kembali bagus dan dapat mengejar ketinggalan. Aku sangat senang cara beliau menerangkan pelajaran, terutama pelajaran Matematika. Terang benderang... o ya, kabar terakhirnya ibu Suratmi sudah kembali ke p jawa lagi ikut suaminya yang sdh pindah tugas lagi atau malah sudah pensiun...
Guruku di kelas VI adalah Pak Halim, termasuk guru vaporitku juga, karena sikap tegas dan disiplinnya yang dapat menghantarkan aku dan teman2ku lulus SD 100% kala itu. Di  kelas VI ini, kami dituntut untuk selalu menghapal dan latihan soal-soal persiapan Ebtanas sebanyak mungkin, hampir setiap hari. Pake aturan main juga lho, anak yang mendapat nilai besar boleh menjewer anak yang nilainya kecil. Kalo kertas jawabannya nilainya dapet angka dibawah 6, maka wajib dapet jeweran dari anak yang dapat nilai mulai dari 7-10. Jumlah jewerannya tergantung jumlah kurangnya dari nilai teman yg menjewer, jadi kalo dapet nilai 4, maka akan dapet 3 jeweran dari teman yg dpt nilai 7,dst. Walaupun pada saat itu kita berlomba-lomba untuk mendapatkan nilai sebesar2nya, tapi dalam hati kecilku aku lebih suka dapet nilai 6, kenapa? Karena tidak menjewer telinga teman dan tidak juga dijewer...
Sekitar 2 tahun yang lalu, aku pernah bertemu dengan Pak Halim di suatu acara resepsi pernikahan keluarga, beliau tampak mulai dimakan usia, kami sempat mengingat masa-masa SD dulu dan beliau menyatakan kebanggaan kpd kami semua. Kubalas hal yang sama dg mengatakan “ kami tidak akan ada apa-apanya tanpa bimbingan dan pengorbanan dari bapak..”         
  


Guru Killer
Jaman SD dulu, rasanya gak ada guru killer ya? Kalo killer diartikan dengan suka marah dan menjewer Ada sih, mungkin pak Halim orangnya, guru kls VI  yang suka memberi hukuman fisik seperti menjewer dan berdiri di depan kelas, tapi menurutku orangnya gak bisa dibilang killer tuh, karena itu semata-mata untuk menegakkan disiplin diri dalam belajar..


Teman Bolos
Hehehee...aku lagi lagi terpaksa bilang tidak ada. Mungkin karena masih SD...masih belom ada pikiran untuk membolos.


Teman Berantem
zaman SD dulu Kalo berantem rasanya aku gak pernah.... tapi kalo diusilin sering.. aku termasuk anak yang ringkih waktu SD, tapi aku punya teman akrab yang sebangku dan selalu melindungiku, Faridah Ariyani namanya, entah dimana dia sekarang, tak pernah lagi jumpa.Setiap anak-anak yang usil itu menggangguku (mereka anak laki2 yg berbadan besar), ia selalu membela dan mengadukan kepada bpk/ibu guru, lama kelamaan tak ada lagi yang berani menggangguku.Tahu kenapa? Anak-anak bandel itu ada yang tidak naik kelas dan ada yang keluar dari sekolah hehehe....

Jajanan Favorit
Jajanan pavoritku Sebenarnya tak begitu  banyak karena jarang dikasih uang saku sewaktu SD, barulah waktu SMP kami dikasih uang saku.Waktu SD kami selalu dibekali makanan ke sekolah, jadi saat anak-anak lain jajan di sela-sela istirahat, aku selalu makan bekal dari rumah....
Pernah juga sesekali jajan kalo ada saudara yang nagasih uang saku, misal paman, bibi atau nenek, dsb. Biasanya jajananku adalah:
Gulali (gula palu-bhs Palembangnya), biasanya gulali ini di tusuk pake bilah, semacam tongkat es krim jaman skrg, trus di-uli sampe keras, baru dimakan.bisa juga ditaruh di kertas setelah diuli, trus jadi berbtk lempengan keras, baru dimakan. (gambarnya susah dicari di geogle..)


Aku juga suka Es Potong, di jaman SD ku dulu disebut Es Agogo... Es agogo ini tersedia bermacam-macam rasa, ada coklat, durian dan rasa jeruk hmmm segernya kalo diingat...


Dari geogle

satu lagi yang hampir kelupaan jajanan pavoritku dulu adalah empek-empek, biasanya di sekolahku dijual 25 rupiah kala itu, weah murah sekali....mana enak lagi tapi sekali lagi aku lebih sering dijajani oleh teman dibanding bawa uang sendiri....


Mainan Favorit
Banyak.... Tapi yang paling paling favorit adalah main dakocan, karena dulu aku sering menang banyak hehehe... Dari rumah sih modalnya Cuma 10 buah dakocan, tapi setelah main di sekolah, pulang-pulangnya jadi satu kaleng, ternyata aku jawara juga ya....


Aku juga suka main tali dari karet sama teman-teman, kalo bahasa palembangnya disebut YEYE, biasanya kami main yeye sebelum masuk kelas atau saat istirahat, tapi aku tidak terlalu mahir,apalagi kalo sudah lompatan di atas kepala, biasanya aku lebih sering jaga (yang pegang tali karetnya) hehehe....


Dari geogle




Sepatu Favorit
Rasanya gak ada merk pavorit untuk sepatu yang dipakai waktu SD, yang jelas kalo dibeliin sepatu ya pakai aja, biasanya warna hitam karena merupakan tata tertib sekolah. Kami pun tidak terlalu sering gonta ganti sepatu paling kalo sdh tdk layak pakai baru beli lagi. Kadang-kadang aku juga dapat warisan sepatu dari kakakku yang masih layak dipakai (maklum anak bontot..)


Tas Favorit    
Hampir sama dengan sepatu.Tidak ada yang favorit. Tapi kalo disuruh memilih aku lebih suka tas sandang atau yang bisa diselempangin dibanding tas jinjing atau ransel ...Beberapa kejadian yang dialami teman yang kecopetan gara-gara pake tas jinjing atau Ransel (tas punggung) cukup mengilhamiku untuk lebih baik menggunakan tas selempang yang bisa ditaruh di depan.Sewaktu SD juga tak jarang aku sering dapat tas warisan dari kakak-kakaku yang masih bagus(tidak harus selalu baru...)

.
Itulah sekelumit masa SD ku yang menjadi kenangan indah bagiku,Bagaimana masa SD mu?

2 komentar:

  1. Maaf nian baru diperiksa Mbak...

    Pernah kena sakit thypus sampe lama yo Mbak? Wech aku yang baru gejala aja rasanya gimana ya Mbak, syukurnya dah nggak kambuh lagi ;)

    Bu Sur = Terang Benderang, ai suka aku istilahnya Kak Rose ini...

    Kakak tingkatku ada yang namanya Faridah Aryani lho Mbak, apo itu yo orangnya? Na kan amen usil jadi dak sucses ;(

    Es Agogo, di SDku juga sama nama dan bentuknya Mbak. Tapi aku ndak berani beli ini, secara akukan punya Ashma dari TK, tapi setelah tamat SD malah sempat hilang, sampai SMA tak kambuh ;)

    Main lompat tali seru nian yo Kak Rose, sekarang la jarang tejingok, napo yoo?

    Tas Ransel sering kecopetan? Oo baru tahu, di Kota beda dengan di Kampung yo Kak Rose ;)

    NAch selesai, plisss biar sepaket gawe ke pulo PR kenangan SMP, spesial dariku, hehe...

    BalasHapus
  2. weleh..weleh.. yunda ini, setelah diperiksa bukannya kasih nilai 10 eh, malah ditambah PR. Tapi gpp dah... skalian mengingat kembali kenangan masa SMP ku... Jazakillah ya ke...

    BalasHapus