Sabtu, 21 April 2012

R.A. Kartini = Perempuan multitasking




     R.A. Kartini adalah sosok perempuan hebat yang telah berhasil mengukir sejarah dengan andilnya menjadikan perempuan terbebas dari kungkungan perbedaan hak dari kaum laki-laki. Terutama hak belajar dan meraih cita-cita. 


     Tentu saja kesamaan hak  tersebut tidak lantas diartikan bebas merebut fungsi/posisi kaum laki-laki. Tapi lebih kepada menjadi mitra kerja bagi mereka, bukan menjadi rival/saingan, malahan menjadi pelengkap untuk menuju kesempurnaan. 


       Sejarah mencatat, hingga sekarang ini sudah banyak kaum perempuan yang mampu berkiprah di berbagai dimensi kehidupan dan memberikan banyak kontribusi positif pada kehidupan masyarakat secara luas.  


       Inilah mungkin yang menjadi cita-cita seorang R.A. Kartini, menjadikan perempuan-perempuan multitasking, mampu mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus pada
saat yang bersamaan
.

     Satu sisi sebagai perempuan yang aktif diluar dan bersosialisasi dengan masyarakat,entah itu sebagai perempuan karir atau aktivis sosial lainnya, di sisi lain tidak melupakan fungsi utamanya sebagai ibu rumah tangga, istri bagi suami dan ibu bagi anak-anaknya.


    Sosok seorang Kartini pun tidak lepas dari andil seorang ibu yang telah melahirkan dan membesarkannya. Seorang ibu yang telah berhasil mendidik dan menumbuhkan karakter hebat sebagai pelopor kebangkitan perempuan. Walaupun andil ayahnya tidak bisa dilupakan.(baca di sini)


    Maka Saudari-saudariku, marilah kita meneladani R.A.Kartini yang inspiratif, dimana dia mampu memberikan ide, menginspirasi dan membangkitkan semangat orang lain, terutama kaum perempuan, sehingga mampu berkreasi dan berkarya. Kreativitas dan karya tersebut diharapkan bisa menghasilkan dampak positif bagi keluarga dan lingkungan sekitarnya.


Pada kesempatan ini, saya ucapkan selamat hari kartini bagi seluruh perempuan-perempuan dimanapun berada. Sebagai sesama perempuan saya berharap semoga kita dapat menjadi perempuan yang mampu multitasking sekaligus bisa tetap menjaga keutuhan keluarga, aamiin...

***


Tulisan ini disertakan dalam giveaway R.A.Kartini : bukan sekedar pelopor pejuang wanita, yang diadakan oleh blog myworldword

7 komentar:

  1. Iya Kak Rose jadi ikutan :) Setelan waktunya saja yang tanggal 20 April padahal kan nulisnya tetap tanggal 21 ya Kak:)

    Kartini memang patut kita teladani ya Kak Rose :)

    Ini bukan tulisan seadanya kok, tapi menginspirasi :)

    Gudlak GAnya....

    BalasHapus
  2. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    fikiran yang positif bisa menghasilkan keuntungan yang positif pula.,..
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

    BalasHapus
  3. Di jaman yang masih serba susah seperti beliau sudah melangkah maju, menylis buku yang menginspirasi banyak orang.
    Acungan jempol.
    Semoga berjaya dalam kontes.
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  4. Dengan segala keterbatasannya, beliau mampu meminimalkan halangannya utk melangkah maju...

    BalasHapus
  5. Semoga saudari-saudariku semua, wanita-wanita Indonesia senantiasa bisa menjaga terang yang telah Kartini persembahkan, membuatnya bersinar tanpa harus melupakan kodrat dan melalaikan kewajiban.

    BalasHapus
  6. smoga hasil perjuangan ibu kartini, di bls di sisi tuhan yang maha esa .

    BalasHapus